LP3 (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan)


1.   LP3 Kepanjangan dari Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan

2.   Tujuan LP3 :

  • Tercapainya pembinaan dan pengembangan pendidikan yang berkualitas
  • Terwujudnya konsep, arah dan sasaran pengembangan pendidikan Adapun pusat-pusat

3.   Fungsi LP3

  • Melaksanakan pembinaan dan pengembangan pendidikan,
  • Melaksanakan koordinasi, pelayanan, pemantauan, evaluasi, dan kerja sama kegiatan–kegiatan pendidikan, dan
  • Menghasilkan konsep mengenai arah dan sasaran pengembangan pendidikan.

4.   Kegiatan yang dilakukan LP3 :

      Tugas-tugas yang dilakukan LP3 tertuang dalam berbagai pasal diantaranya :

Pasal 554

Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengembangan Jabatan Fungsional Perencana, dan program pendidikan dan pelatihan bagi pegawai Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan perencana pusat dan daerah dalam rangka meningkatkan kompetensi perencana dan kapasitas institusi perencana di pusat dan daerah.

Pasal 555

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 554, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana menyelenggarakan fungsi:

  • Pengkajian dan analisis kebijakan;
  • penyiapan perumusan kebijakan program dan kegiatan pembinaan Jabatan Fungsional Perencana dan pendidikan dan pelatihan perencana;
  • Penyelenggaraan diklat pegawai Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan perencana di pusat dan daerah;
  • Pemantauan, evaluasi, penilaian, dan pelaporan serta saran tindak lanjut terhadap pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana dan pendidikan serta pelatihan di bidang perencanaan pembangunan;
  • Pelaksanaan akreditasi dan penilaian angka kredit Jabatan Fungsional Perencana;
  • Pengelolaan informasi Jabatan Fungsional Perencana dan diklat, dan pelayanan perencana;
  • Peningkatan kompetensi perencana dan kapasitas institusi perencanaan di pusat dan daerah;
  • Pelaksanaan koordinasi kegiatan-kegiatan pejabat fungsional perencanaan di lingkungannya.

Pasal 556.

Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana terdiri dari:
a. Bidang Pengkajian Program;
b. Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan;
c. Bidang Pembinaan Jabatan Fungsional Perencana;
d. Bidang Informasi dan Layanan Perencana;
e. Sub Bagian Tata Usaha.

Pasal 557

Bidang Pengkajian Program mempunyai tugas melaksanakan pemantauan, pengkajian, perumusan, dan penyusunan kebijakan, serta evaluasi program dan kegiatan pendidikan dan pelatihan perencanaan dan Jabatan Fungsional Perencana.

Pasal 558.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 557, Bidang Pengkajian Program menyelenggarakan fungsi:

  1. pemantauan dan pengumpulan, penyimpanan, diklat perencanaan dan Jabatan Fungsional Perencana;
  2. pengkajian dan analisis kebijakan, dan evaluasi program dan kegiatan pendidikan dan pelatihan perencanaan dan pembinaan Jabatan Fungsional Perencana;
  3. penyiapan perumusan dan penyusunan kebijakan, program, dan kegiatan pembinaan Jabatan Fungsional Perencana dan pendidikan dan pelatihan perencana.

Pasal 559
Bidang Pengkajian Program terdiri dari:
a. Sub Bidang Pemantauan Program Diklat dan Jabatan Fungsional Perencana;
b. Sub Bidang Kajian Program Diklat dan Jabatan Fungsional Perencana.

Pasal 560

  1. Sub Bidang Pemantauan Program Diklat dan Jabatan Fungsional Perencana mempunyai tugas melakukan pemantauan, pengumpulan, dan penyimpanan, serta pengelolaan basis data pelaksanaan diklat perencanaan dan Jabatan Fungsional Perencana;
  2. Sub Bidang Kajian Program Diklat dan Jabatan Fungsional Perencana mempunyai tugas melaksanakan pengkajian dan analisis, perumusan dan penyusunan kebijakan, serta evaluasi program dan kegiatan diklat perencanaan dan Jabatan Fungsional Perencana.

Pasal 561.

Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan mempunyai tugas melaksanakan seleksi, persiapan, dan penempatan peserta pendidikan dan pelatihan fungsional perencana pusat dan daerah, serta diklat teknis bagi pegawai Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional baik di dalam maupun luar negeri.

Pasal 562

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 561, Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan menyelenggarakan fungsi:

  1. Persiapan pelaksanaan seleksi peserta sesuai persyaratan, kriteria, dan ketentuan yang berlaku untuk masing-masing jenis pendidikan dan pelatihan;
  2. Pelaksanaan persiapan peserta pendidikan dan pelatihan;
  3. Pelaksanaan penempatan peserta pada penyelenggara pendidikan dan pelatihan;
  4. Penyelenggaraan diklat teknis pegawai Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pasal 563
Bidang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan terdiri dari:
a. Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Gelar;
b. Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Non-Gelar.

Pasal 564

  1. Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Gelar mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan seleksi, persiapan dan penempatan peserta pendidikan dan pelatihan program gelar di dalam dan luar negeri;
  2. Sub Bidang Pelatihan dan Pendidikan Non-Gelar mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan seleksi, persiapan dan penempatan peserta pendidikan dan pelatihan program non-gelar di dalam dan luar negeri, termasuk pendidikan dan pelatihan fungsional perencana.

Pasal 565

Bidang Pembinaan Jabatan Fungsional Perencana mempunyai tugas melaksanakan akreditasi dan penilaian angka kredit perencana pusat dan daerah.

Pasal 566

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 565, Bidang Pembinaan Jabatan Fungsional Perencana menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan akreditasi bagi perencana, pengajar, kurikulum/modul, lembaga penyelenggara diklat perencana pusat dan daerah;
  2. Penilaian angka kredit perencana pusat dan daerah.

Pasal 567
Bidang Pembinaan Jabatan Fungsional Perencana terdiri dari:
a. Sub Bidang Akreditasi;
b. Sub Bidang Penilaian.

Pasal 568

  1. Sub Bidang Akreditasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan akreditasi bagi perencana, pengajar, kurikulum/modul, serta penyelenggara pendidikan dan pelatihan perencana pusat dan daerah;
  2. Sub Bidang Penilaian mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penilaian angka kredit perencana pusat dan daerah.

Pasal 569

Bidang Informasi dan Pelayanan Perencana mempunyai tugas melaksanakan penyajian informasi pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, dan pelayanan.

Pasal 570

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 569, Bidang Informasi dan Pelayanan Perencana menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyajian informasi, publikasi melalui media cetak maupun media elektronik pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana dan penyelenggaraan diklat perencana;
  2. Pengembangan sistem informasi dan pengelolaan basis data pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana dan penyelenggara pendidikan dan pelatihan perencanaan;
  3. Pelayanan bagi perencana, sosialisasi dan konsultasi.

Pasal 571
Bidang Informasi dan Layanan Perencana terdiri dari:
a. Sub Bidang Informasi;
b. Sub Bidang Layanan Perencana.

Pasal 572

  1. Sub Bidang Informasi mempunyai tugas melakukan penyajian informasi sosialisasi, publikasi melalui cetak maupun elektronik dan pengembangan sistem informasi dan pengelolaan basis data pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana dan penyelenggara pendidikan dan pelatihan perencana.
  2. Sub Bidang Layanan Perencana mempunyai tugas melakukan pelayanan bagi perencana, sosialisasi dan konsultasi pelaksanaan Jabatan Fungsional Perencana, serta pembinaan staf Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana.

Bagian Kedua : Sub Bagian Tata Usaha

Pasal 573

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, dokumentasi, perlengkapan, dan rumah tangga Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana.

About naratekpend

Apa aja boleh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: