Rekrutmen Tenaga Kerja (SDM)


A.  Pengertian

      Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan dan menarik calon pelamar sebanyak-banyaknya dalam suatu organisasi dimana organisasi tersebut mempunyai kesempatan dalam memilih calon pekerja yang dianggap memenuhi standar kualifikasi organisasi. Dalam proses rekrutmen, untuk memenuhi standar kualifikasi organisasi, hendaknya calon pelamar dapat memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan. Oleh karena itu dibutuhkan para tenaga spesialis/para pencari tenaga kerja dalam satuan organisasi yang mengelola sumber daya manusia. Para pencari tenaga kerja mendasarkan kegiatannya pada perencanaan sumber daya manusia dimana didalam perencanaan tersebut terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pekerja yang ingin bekerja di organisasi yang bersangkutan.

B.  Sumber Rekrutmen

      Ada berbagai jenis sumber rekrutmen tenaga keja diantaranya :

1)      Pelamar Langsung (Applications at the gate)

         Adalah para pelamar pekerjaan yang datang sendiri kesuatu organisasi untuk melamar tanpa mengetahui dibutuhkan atau tidaknya pekerja dalam organisasi tersebut. Dalam hal ini penting dipertimbangkan dalam suatu organisasi untuk para pelamar langsung karena mungkin saja pelamar tersebut memiliki kualifikasi mutu yang dibutuhkan serta mengurangi adanya pengangguran.

2)            Lamaran Tertulis

Hampir sama halnya dengan lamaran langsung, akan tetapi dalam lamaran tertulis, para pelamar hanya mengirimkan surat lamarannya dilengkapi surat-surat penting lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh organisasi terkait. Dalam hal ini penghematan tenaga, biaya dan waktu dapat dilakukan.

3)            Lamaran Berdasarkan Informasi Orang Dalam

Informasi yang didapatkan pelamar kerja dari orang dalam terbilang cukup lengkap karena mencakup berbagai hal mengenai jenis pekerjaan yang akan ditawarkan. Informasi ini disampaikan kepada berbagai pihak yang diketahui sedang mencari pekerjaan. Pihak tersebut dapat berupa sanak saudara atau orang-orang terdekat. Para rekrutmen layak mempertimbangkan :

ð  Organisasi dapat mengeluarkan biaya yang lebih ringan dalam proses mencari tenaga kerja yang baru.

ð  Adanya usaha dari pemberi informasi (orang dalam) dalam mencari tenaga kerja kepada kenalannya untuk dapat memenuhi persyaratan.

ð  Para pelamar dapat menyesuaikan diri dengan cepat

ð  Keinginan untuk tidak mengecewakan terhadap mereka yang telah membantu masuk ke organisasi tersebut.

         Adapun kelemahan dari sumber ini adalah tidak ada jaminan bantuan orang dalam bagi para calon pelamar adalah mereka yang benar-benar memenuhi syarat karena biasanya orang dalam lebih menonjolkan unsur kesaudaraannya.

4)            Iklan

Sumber informasi lowongan pekerjaan yang sering digunakan adalah melalui iklan baik melalui media cetak, audio, visual dan audio visual. Sebelum organisasi memutuskan untuk menggunakan media iklan sebagai alternatif memperoleh pekerja baru, ada kalanya mempertimbangkan :

  • Harganya relatif lebih mahal, terlebih media yang digunakan laku dipasaran dan bersifat nasional.
  • Jumlah pelamar yang melamar jauh melebihi kapasitas yang ditentukan sehingga dibutuhkan biaya yang mahal bagi pihak penyelenggara.
  • Belum tentu semua pelamar yang berpotensial membaca iklan yang dipasang diberbagai media karena mungkin dipicu faktor tempat tingggal yang jauh dari lokasi lowongan pekerjaan.

               Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk para pelamar yang membaca ikan itu adalah mereka yang berpotensial dan layak untuk dipertimbangkan.

5)            Instansi Pemerintah

Berbagai instansi seperti departemen tenaga kerja, perburuhan, sumber daya manusia dan yang sejenis misalnya, dapat membantu para pelamar kerja untuk memperoleh pekerjaan dengan mudah karena adanya kerja sama antara pihak organisasi yang membutuhkan tenaga kerja dengan instansi yang khusus menangani tenaga kerja. Manfaat menggunakan jalur ini adalah persyaratan yang ditentukan organisasi untuk mengisi lowongan pekerjaan dengan mudah dicocokkan dengan daftar lamaran di kantor tenaga kerja dan ditangani oleh tenaga ahli yang khusus ketenagakerjaan. Keuntungan lainnya adalah para pelamar dapat melihat informasi tentang lowongan di papan pengumuman, bank data lowongan/dengan bantuan komputer yang disediakan oleh instansi pemerintah yang khusus menangani tenaga kerja.

6)            Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja

Dalam perkembangan berikutnya banyak perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang ketenagakerjaan bekerja sama dengan kantor tenaga kerja milik pemerintah. Ada keuntungan yang diperoleh menggunakan jalur ini yaitu dengan bermotifkan mencari laba, perusahaan ini memberikan

7)            Perusahaan Pencari Tenaga Kerja Profesional

8)            Lembaga Pendidikan

9)            Organisasi Profesi

10)        Serikat Pekerja

11)        Balai Latihan Kerja Milik Pemerintah

About naratekpend

Apa aja boleh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: