Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft PowerPoint 2003


Dewasa ini, komputer bukanlah barang mewah lagi yang terbatas  keberadaanya melainkan kini computer merupakan salah satu kebutuhan yang sulit ditiadakan keberadaannya. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai slah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Selain bertujuan untuk mengoptimalkan untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, juga hal ini dapat berpengaruh besar terhadap kreasi siswa dalam mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri serta mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya sehingga dapat bersaing di era globaliasi ini. Telah banyak pemanfaatan TIK yang kini sudah diterapkan dilingkungan sekolah, yaitu penggunaan software Microsoft PowerPoint dalam presentasi di kelas sebagai media pembelajaran.

Hampir semua mata pelajaran dapat memanfaatkan media Microsoft PowerPoint, terlebih jika media dimanfaatkan untuk sekolah di tingkat SMK yang memiliki program keahlian TIK. Papan tulis tentu tekesan sangat usang dan tidak relevan lagi untuk menjelaskan berbagai kurikulum menyangkut komputer bagi siswa SMK yang kesehariannya bergelut di bidang TIK. Sungguh ironis jika guru atau instruktur masih tetap menggunakan papan tulis sebagai media dan tentu saja dalam penggunaan presentasi menggunakan PowerPoint, sangat diperlukan adanya LCD proyektor dan laptop sebagai penunjang.

Pada tahap awal, siswa SMK yang bergelut di bidang TIK akan diberikan pemahaman mengenai pengenalan komputer, ada berbagai macam cara yang dapat digunakan baik itu memperlihatkan langsung pada benda secara kongkrit maupun memberi arahan melalui prinsip kerjanya. Tentu dalam memberikan pemahaman mengenai prinsip kerja komputer, guru atau instruktur akan mengalami kesulitan jika harus memberikan pemahaman secara nyata. Dengan demikian, kehadiran persentasi menggunakan Microsoft PowerPoint dapat memberikan gambaran melalui animasi mengenai prinsip kerja komputer. Namun berinjak dari hal tersebut, tidak semua materi yang disajikan dalam Microsoft PowerPoint dapat dikatakan efesien. Hal tersebut dipicu karena sebagain orang banyak mencantumkan keseluruhan materi yang tidak didasarkan pada point atau inti-inti pelajaran yang akan dibahas dan kurang dapat mengolah berbagai fungsi tools yang ada didalamnya.

Mengenal Microsoft PowerPoint 2003

Secara umum, perangkat lunak (Software) dibagi menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan aplikasi. Microsoft PowerPoint 2003 merupakan perangkat lunak jenis aplikasi keluaran produk “Microsoft” yang dikhususkan untuk pembangunan atau pembuatan  slide untuk presentasi. Microsoft PowerPoint memiliki beberapa alat bantu (tools) yang membantu perancang slide untuk mendesain slide sehingga tampil lebih menarik dan mudah dikendalikan saat melakukan presentasi. Beberapa alat bantu yang tersedia pada Microsoft PowerPoint satu sama lain saling terkait dan terpadu sehingga membantu sistem slide designer yang kompleks yang disebut dengan Integreted Development Environment (IDE).

Keterangan :

  1. Title Bar : Merupakan judul slide yang sedang didesain. Judul slide ini akan sesuai dengan nama file simpanan dari slide yang sedang didesain.
  2. Menubar : merupakan baris menu mulai dari File sampai dengan help. Fungsi dari masing-masing menu sesuai dengan namanya, misalnya pada menu File berfungsi untuk pengelolaan file seperti menyimpan, membuka, menutup dan mencetak file.
  3. Standart Toolbar : merupakan tombol pintas (shortcut) yang sebagian besar adalah fungsi-fungsi pada menu File dan Edit.
  4. Formating Toolbar : merupakan tombol pintas (shortcut) yang sebagian besar adalah fungsi-fungsi pada menu File dan Edit.
  5. Outlining Tab : merupakan tab yang menampilkan ouline/teks isi dari slide yang sedang didesain.
  6. Sliding Tab : merupakan tab yang menampilkan slide yang sedang didesain dalam miniature.
  7. Drawing Toolbar : merupakan shortcut yang berisi sekelompok alat bantu (tools) untuk meng-kanvas pada slide yang sedang didesain.
Fungsi Toolbar
1. Standart Toolbar
2. Formating Toolbar

Langkah-langkah Pembuatan Media Power Point Secara Sederhana

  1. Untuk langkah awal, klik tombol Start >All program>Microsoft Office>Microsoft Office PowerPoint 2003
  2. Klik toobar new > pilih design yang tersedia.
  3. Press Enter di Slide pertama 8 kali untuk membuat slide yang berjumlah 8 slide atau klik > Insert New Slide 8 kali (sesuai kebutuhan) / press Ctrl “M” 8 kali.
  4. Klik text area pertama > ketik “judul media yang akan dibuat”.
  5. Klik text area kedua > ketik “menu utama”.
  6. Klik slide berikut text area pertama ketik “menu utama” di area text ke 2 silakan ketik memakai text box (sesuai kebutuhan). Dan di pojok bawah ketik “back” dengan memakai text box
  7. Klik slide berikut kemudian pada text area pertama diketik materi pembelajaran yang disampaikan, begitu seterusnya sampai di slide berikutnya.
  8. Untuk membuat hyperlink > block text > klik insert hyperlink > pilih slide yang akan di link > ok. Untuk link berikut juga sama
  9. Membuat background agar lebih menarik, slide dapat kita tambahkan background. Background untuk slide dapat berupa warna tunggal, warna gradient, texture, pattern (arsir), dan picture (gambar). Pilih menu Format > background.
  10. Jika ingin mendisign text dengan WordArt, caranya pilih insert > picture > wordArt atau bisa mengklik tombol WordArt pada toobar drawing. Kemudian kita akan dihadapkan pada WordArt Gallery yang merupakan plilihan bentuk-bentuk WordArt. Pilih salah satu bentuk yang diinginkan kemudian klik tombol “ok”. WordArt akan menampilkan input box yang harus kita isi dengan tulisan yang akan dijadikan objek Word Art.
  11. Menyisipkan clipart berupa gambar-gambar, caranya pilih menu insert > picture > clipart atau dengan meng-klik tombol clipart dari Drawing Toolbar. Untuk menyisipkan clipart ke slide cukup mend-drag clipart yang diinginkan dan di drop pada slide yang dimaksud atau dengan meng-klik tombol drop down sebelah kanan dari clip art yang diinginkan kemudian pilih insert.
  12. Setelah slide presentasi selasi dibuat, tampilkan dengan menekan tombol F5.

Cara Menggunakan Media

Untuk memulai pembelajaran memanfaatkan media bebasis komputer dengan menggunakan Microsoft Power Point, dibutuhkan persiapan sebagai berikut :

  1. Laptop sebagai pengendali ketika memberikan presentasi.
  2. Masukkan port VGA LCD proyektor ke laptop, LCD proyektor dalam hal ini berfungsi sebagai layar untuk menampilkan isi presentasi yang kita buat di laptop/komputer.
  3. Buka file presentasi yang telah kita simpan, setelah dibuka lalu langkah terakhir adalah menekan tombol F5 pada laptop.

Adapun manfaat menggunakan media berbasis komputer dengan menggunakan Microsoft PowerPoint yaitu :

  • Siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
  • Secara tepat dan optimal, siswa mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.
  • Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
  • Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.

File lengkap dan full, silahkan download


Media powerpoint untuk laporan tersebut, download disini

About naratekpend

Apa aja boleh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: