Mengetaui Komponen-Komponen PC sebagai Alat Belajar


Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian system, yaitu : Hardware, software, dan brainware.  Perangkat keras (hardware) computer adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

Berdasarkan kegunaanya, perangkat keras computer digolongkan kedalam tiga bagian utama yaitu :

A.  Alat Input

Alat input adalah alat untuk memasukkan program maupun data yang akan diproses oleh computer.

Perangkat-perangkat alat input :

  1. Keyboard adalah perangkat yang mempunya tuts seperti pada mesin tik yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Jenis keyboard : Serial, PS/2 dan USB.
  2.  Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor. Jenis mouse : Serial, PS/2 dan USB.
  3. Scanner adalah alat untuk mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital, berupa data digital.
  4. CD ROM adalah alat pengolah CD atau VCD pada computer. Selain CD ROM, telah muncul generasi lanjutannya yaitu CD RW (CD Rewritable) apabila CD ROM hanya dapat membaca data, maka CD RW disamping mampu membaca data juga dapat menulis data.

B. Alat Proses

Alat Proses atau CPU (Central Processing Unit), merupakan alat atau unit terpentin di dalam system computer. Tugas utamanya adalah mengontrol keseluruhan system computer selama pengolahan data berlangsung.

Perangkat-perangkat alat proses :

1)  Casing

Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) di dalam CPU.

Beberapa Case indicator yang terdapat pada casing

  • Led HDD (lampu indikasi harddisk bila sedang membaca).
  • Led Power (lampu indikasi power bila sedang menyala dan tombol reset).
  • Speaker
  • Key Lock

2)  Power Supply

Power Supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer yang terdapat di dalam CPU. Perangkat ini memilikilimakonektor atau lebih yang dapat disambungkan ke berbagai peralatan seperti Motherboard, Harddisk, Floopy disk drive, CDROM.

Jenis Power Supply :

-          Power Supply AT (konektor terdiri dari 12 pin)

-          Power Supply ATX (konektor terdiri dari 20 pin)

3)  Motherboard

Motherboard adalah perangkat terpenting di dalam computer yang dijadikan media atau tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan seperti : Prosesor, Memori, Card VGA, Sound Card, Card I/O.

4)  Prosesor

Prosesor adalah sebuah chip (mikroprosesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat computer sehingga dapat bekerja satu sama lain/ perangkat utama computer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri.

Prosesor terdiri dari beberapa bagian utama yaitu :

  • Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada computer, mulai dari input device sampai output device.
  • Arithmatic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang serta data logika/perbandingan).

5)  Memori

Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semakin besar memori yang disediakan semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolahnya.

Jenis-jenis Memori :

1) RAM (Random Access Memori) adalah ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau dibaca oleh prosesor, dan bersifat sementara (powor on), jika computer kita matikan maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Jenis dari RAM :

  • EDO RAM (Extended Data Out) memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO RAM adalah SIMM (single inline memory module) slot memori pada motherboard 72 pin.
  • SDRAM (Syncronous Dynamic RAM)
  • SDRAM adalah memori yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDO RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual inline Memory module). Slot memori pada motherboard adalah 168 pin.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah sebuah memori berkecepatan tinggi digunakan untuk mendukung prosesor Pentium 4. tipe RDRAM menggunakan slot RIMM mirip dengan slot SDRAM. adalah tipe mempri generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM yaitu 184 pin.

2)  ROM (Read Only Memory) : memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, membaca untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Saat ini perkembangan jenis ROM :

  • PROM (Programable ROM)
  • RPROM (Re-programble ROM)
  •  EPROM (Erasable Program ROM)
  • EEPROM (Electrically Erasable Program ROM)

6)   Card VGA (Video Graphis Adapter)

Card VGA adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan monitor.

7)  Card I/O

Card I/O adalah sebuah card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output. Ia juga berfungsi menghubungkan motherboard dengan harddisk dan floppy disk drive.

8)   Sound Card

Sound Card adalah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu yang berfungsi mengolah suara pada computer.

9)  Harddisk adalah perangkat computer yang berfungsi menyimpan data dalam kapasitas besar.

10)   Modem

Modem adalah sebuah perangkat computer yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital di dalam jaringan internet. Jenis modem ada 2 yaitu modem eksternal dan modem internal.

C.  Alat Output

Alat Output adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan CPU.

Beberapa alat Output :

  1. Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.
  2. Printer adalah alat cetak informasi atau hasil kerja komputer 
  3. Speaker adalah alat output suara.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa  oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpn dalam memori computer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran (output device).

About these ads

About naratekpend

Apa aja boleh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: